Sistem Operasi Linux Dan Unix

Linux dan Unix merupakan sistem operasi yang banyak dipilih sebagai hosting untuk website saat ini. Kedua sistem operasi ini memiliki nama yang sangat mirip tetapi ada beberapa perbedaan ketika diperhartikan dengan lebih rinci. Dengan mengetahui perbedaan dari Linux dan Unix, Anda akan dapat mengetahui sistem operasi yang mana akan sesuai dengan Anda. Linux dan Unix dapat dijadikan sebagai sistem operasi untuk organisasi kecil maupun besar. Tetapi jika Anda mengoperasikan sebuah organisasi kecil dengan ukuran sedang, menggunakan sistem operasi Linux akan lebih cocok. Jumlah pengguna perlahan-lahan meningkat karena Unix adalah satu-satunya solusi yang dapat mereka gunakan sebelum OS ini diperkenalkan. Linux hanya digunakan untuk tujuan akademis pada awalnya karena pengembang tidak melihat ke aspek jaringan webhosting tapi semua itu berubah dalam hitungan beberapa tahun ketika sistem itu dibuat utama karena didukung oleh sekumpulan besar pengembang web dari di seluruh dunia. Itulah mengapa hal tersebut ternyata menjadi pilihan favorit untuk server web dan aplikasi komputasi kantor. Tapi dengan Unix, pengguna akan bisa mendapatkan efisiensi yang lebih baik karena mampu menangani banyak proses secara bersamaan.

Perbedaan Linux Dan Unix

Adapun biaya dan distribusi untuk sistem operasi Linux dan Unix, pengguna akan dapat menggunakan Linux secara gratis karena tetap sebagai software sumber terbuka (Open supply). Oleh karena itu, pengguna hanya perlu menanggung biaya untuk server mereka. Karena hal ini, sistem operasi Linux terus dimodifikasi tergantung pada distributor yang mendistribusikan mereka seperti Fedora, Mandrake, SUSE dan pink Hat. Berbeda dengan sistem operasi Unix, pengguna harus mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Hal ini tidak sebebas seperti Linux. Sebuah paket Unix sudah mencakup perangkat keras dan server, maka dari itu dalam penggunaan sistem operasi ini harus mengeluarkan dana yang cukup besar tergantung pada kualitas servis yang dipilih. Biaya ini tidak kecil dan tidak terjangkau untuk pemilik usaha kecil. Itulah sebabnya para pengguna Unix rata-rata terdiri dari perusahaan besar. Dengan pilihan menggunakan sistem operasi yang gratis, banyak dari para webmaster dan net developer lebih memilih untuk menggunakan Linux.

Pengembangan Linux Dan Unix

Perbaikan pada Linux dan Unix terjadi dengan sangat cepat selama beberapa tahun terakhir ini jika kita bandingkan dengan sistem operasi lain yang bisa kita temukan di pasaran. Peningkatan solusi untuk OS Linux dan Unix di pasar juga memiliki tanda lain sebagai sinyal bahwa popularitas jenis sistem operasi Lunix dan Unix akan terus meningkat. Agar lebih kompetitif, vendor seperti HP, IBM dan solar yang merilis fitur kustomisasi dan kemampuan yang lebih baik sehingga OS Linux dan Unix bisa lebih kompatibel dengan sistem operasi lainnya. Hal ini untuk meningkatkan jumlah pengguna yang akan mempertimbangkan sistem ini lebih dari yang lain yang tersedia di luar sana. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat untuk mencoba sistem operasi Linux Dan Unix.